Pembiayaan Investasi Ekspor Syariah

DESKRIPSI
Fasilitas Pembiayaan Investasi dalam rangka ekspor adalah fasilitas pembiayaan yang diberikan oleh Divisi Syariah Indonesia Eximbank berdasarkan kebutuhan investasi Eksportir dalam rangka kegiatan ekspor barang maupun jasa dengan menggunakan prinsip syariah. Pembiayaan berdasarkan prinsip syariah adalah penyediaan uang atau tagihan yang dipersamakan dengan itu berdasarkan persetujuan atau kesepakatan antara pihak lain yang mewajibkan pihak yang dibiayai untuk mengembalikan uang atau tagihan tersebut setelah jangka waktu tertentu dengan imbalan/margin atau bagi hasil.

 

MANFAAT
Membantu Eksportir yang memerlukan pembiayaan investasi yang antara lain untuk pengadaan mesin dan peralatannya, pembangunan pabrik serta infrastruktur lainnya.

 

KARAKTERISTIK

  1. Prinsip Murabahah, prinsip Murabahah yaitu menjual suatu barang dengan menegaskan harga belinya kepada pembeli dan pembeli membayar sebesar harga beli ditambah biayabiaya yang harus dikeluarkan dan imbalan (margin), dalam hal ini Divisi Syariah Indonesia Eximbank membiayai nasabah yang akan membeli barang (investasi). Pembayaran nasabah Eksportir kepada Bank dilakukan dengan cara cicilan.
  2. Prinsip Ijarah, Prinsip Ijarah adalah transaksi sewa menyewa atas suatu barang dalam waktu tertentu melalui pembayaran sewa atau imbalan jasa. Dalam hal ini Divisi Syariah Indonesia Eximbank sebagai pihak yang menyediakan barang untuk disewa, dan nasabah Eksportir sebagai pihak yang menyewa barang 
  3. Prinsip Istishna, Prinsip Istishna yaitu jual beli barang (barang modal) dalam bentuk  pemesanan pembuatan barang dengan kriteria dan persyaratan tertentu yang disepakati
    dengan pembayaran sesuai dengan kesepakatan.
    Dalam hal ini, Divisi Syariah Indonesia Eximbank membiayai pembelian barang dengan pesanan yang diperlukan nasabah Eksportir dari pihak ketiga (produsen/kontraktor) sebesar harga pokok ditambah imbalan (margin) yang disepakati. Spesifikasi dan harga barang pesanan disepakati di awal dengan pembayaran dilakukan secara bertahap sesuai kesepakatan

SYARAT & KETENTUAN
Tujuan Pembiayaan adalah dalam rangka pembelian barang investasi untuk tujuan kegiatan ekspor, antara lain:

  1. Pembelian mesin, alat-alat berat atau peralatan usaha.
  2. Pembelian kendaraan bermotor atau alat-alat berat untuk usaha.

Usaha nasabah Eksportir bukan termasuk jenis usaha terlarang, tidak melanggar prinsip syariah seperti pembiayaan yang berkaitan dengan minuman keras, rokok dan tidak melanggar ketentuan hukum Indonesia, seperti: narkoba, penyelundupan, dan lain-lain. Divisi Syariah Indonesia Eximbank menyediakan dana (pembiayaan) berdasarkan perjanjian jual beli barang. Valuta Pembiayaan Investasi adalah dalam Rupiah atau Valuta Asing yang disetujui oleh Indonesia Eximbank. Jangka waktu disesuaikan dengan proyeksi cash flow yang ditetapkan. Untuk syarat dan ketentuan lainnya mengacu kepada pedoman operasional fasilitas pembiayaan investasi yang berlaku di Divisi Syariah Indonesia Eximbank serta Perjanjian Pembiayaan yang telah ditandatangani antara Eksportir dan Indonesia Eximbank.

 

PROSEDUR PERMOHONAN FASILITAS

  1. Untuk mendapatkan fasilitas Pembiayaan Investasi, Ekspor, permohonan dapat diajukan kepada Divisi Syariah Indonesia Eximbank dengan melampirkan dokumen-dokumen sebagai berikut :
    • Dokumen Legalitas (SIUP,NPWP,TDP, dll)
    • Laporan Keuangan.
    • Kebutuhan Investasi yang tertuang dalam Studi Kelayakan dan Kontrak Pengadaan barang Investasi yang dilengkapi dengan jadual pembayaran atas pengadaan barang atau bangunan dalam rangka Investasi.
    • Bukti atau Rencana Penggunaan Modal Sendiri (Self Financing).
    • Proyeksi Analisa Keuangan atau sekurang-kurangnya Proyeksi Cash Flow yang digunakan untuk menilai kelayakan Investasi dan sumber pembayaran kembali.
    • Dokumen-dokumen lainnya, jika diperlukan Divisi Syariah Indonesia Eximbank.
  2. Untuk setiap Permohonan yang disetujui, Divisi Syariah Indonesia Eximbank akan mengirimkam Surat Persetujuan dan selanjutnya menandatangani Perjanjian Pemberian Fasilitas Pembiayaan atas Fasilitas Pembiayaan Investasi Ekspor.

PROSEDUR PENGGUNAAN FASILITAS

  1. Pengajuan penggunaan fasilitas pembiayaan investasiekspor dilakukan oleh Eksportir dengan melampirkan dokumen-dokumen sebagai berikut:
    • Surat Permohonan Penggunaan Fasilitas
    • Surat Pengakuan Hutang
  2. Setelah Divisi Syariah Indonesia Eximbank menerima data tersebut dengan lengkap dan benar, maka Divisi Syariah Indonesia Eximbank akan melakukan pencairan Fasilitas Pembiayaan Investasi Ekspor maksimal 2 (dua) hari kerja perbankan sejak diterimanya dokumen pada huruf 1 diatas.