Berita dan Kegiatan

The 22nd Annual Meeting of Asian Exim Banks Forum, Improving Performance of National and Regional Trade, Through Exim Banks/ECAs Cooperation

November 09, 2016 - Source :

Bali, 9 November 2016 – Bertempat di The Mulia Resort Hotel – Nusa Dua, Bali, Indonesia Eximbank hari ini (9 November 2016) menyelenggarakan seminar internasional yang merupakan rangkaian pembuka agenda Annual Meeting Asian Exim Banks Forum ke-22. Seminar internasional ini mengusung tema “Improving Performance of National and Regional Trade, Through Exim Banks/ECAs Cooperation”.

Seminar internasional kali ini mengundang lebih dari 200 stakeholder Indonesia Eximbank dari Kementerian Keuangan, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Negara BUMN, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan, DPR RI, Kadin, Bank Indonesia, OJK dan representasi Lembaga Multilateral di Indonesia seperti IFC, ADB, IDB dan KfW. Yang tidak kalah penting seminar ini dihadiri pula oleh seluruh delegasi Asian Exim Banks Forum (AEBF) Annual Meeting ke-22 dari 10 negara dan para pelaku ekspor sebagai the real market player yang berperan penting dalam menggerakkan ekspor Indonesia.

Pembicara dan panelis yang merupakan narasumber ahli di bidangnya, secara umum menyampaikan pentingnya peningkatan peranan kerjasama Eximbank/ECA anggota AEBF dalam meningkatkan performa perdagangan nasional dan kawasan.

Mahendra Siregar, Ekonom yang merupakan Mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal dan sekaligus mantan Direktur Eksekutif Indonesia Eximbank di tahun 2009, menjadi salah satu pembicara utama yang mengupas tantangan dan peluang atas perdagangan antar negara anggota di kawasan Asia dan Australia.

Asian Exim Banks Forum (AEBF) dibentuk pada tahun 1996, dengan tujuan untuk menjalin kerjasama pembiayaan perdagangan dan investasi antar negara-negara anggota AEBF sesuai dengan mandat masing-masing Eximbank/ECA.