Berita dan Kegiatan

Sinergi Indonesia Eximbank (LPEI) dengan KEIN dan KADIN untuk Meningkatkan Ekspor Kawasan Timur Indonesia

April 06, 2017 - Source :

Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/ Indonesia Eximbank bekerjasama dengan Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) menyelenggarakan business gathering dengan tema Sinergi Kelembagaan dalam Mendorong Peningkatan Usaha Kecil Menengah Ekspor (UKME) di Kawasan Timur Indonesia. Acara ini terdiri dari seminar dan coaching clinic yang bertujuan untuk menambah kompetensi para pelaku usaha kecil menengah guna melakukan ekspor dan selanjutnya dapat berkompetisi di pasar global.

Pelaksana Tugas Direktur Eksekutif Indonesia Eximbank, Susiwijono Moegiarso, dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara ini merupakan salah satu program kerja Indonesia Eximbank tahun 2017 agar pelaku UKM dapat meningkatkan kompetensi dan termotivasi untuk melakukan ekspor sehingga berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi baik regional maupun nasional. Pemilihan kawasan timur Indonesia juga sejalan dengan upaya Pemerintah melakukan pemerataan pembangunan dan ekonomi, termasuk kinerja ekspor, di seluruh wilayah Indonesia.

Bonifacius Prasetyo, Direktur Pelaksana Indonesia Eximbank yang membawahi Unit Perencanaan Strategis pada kesempatan yang sama juga menyampaikan bahwa Indonesia Eximbank berkomitmen untuk terus mendukung sektor UKME melalui penyediaan fasilitas Pembiayaan, Penjaminan, dan Asuransi serta Jasa Konsultasi. Sehingga Indonesia Eximbank dapat mendukung baik dari sisi permodalan maupun pelatihan/konsultasi.

Business gathering ini dihadiri lebih dari 250 pelaku usaha dimana 200 pelaku usaha mengikuti seminar dan 50 pelaku usaha mengikuti coaching clinic. Narasumber yang menyampaikan pemaparannya pada seminar yaitu DR. Arif Budimanta (Wakil Ketua KEIN), Bonifacius Prasetyo (Direktur Pelaksana Indonesia Eximbank), Erik Hidayat (Wakil Ketua Umum KADIN Bidang UKM), dan Eddy Handoko (Direktur PT Indotropic Fishery), dengan moderator Eko B. Supriyanto (Pemimpin Redaksi Majalah Infobank). Sementara coaching clinic menghadirkan Bagus A. Lesmana, konsultan dan praktisi eksportir dan dosen wirausaha.

Erik Hidayat, perwakilan dari KADIN menyatakan bahwa KADIN sebagai organisasi yang mewadahi para pengusaha Indonesia sangat mendukung pelaku UKME dan siap bersinergi dengan Indonesia Eximbank terutama dalam pemberikan pelatihan dan konsultasi bagi eksportir.

Dukungan Indonesia Eximbank kepada segmen UKM yang berorientasi ekspor ini tercermin dari pertumbuhan pembiayaan pada segmen UKM di posisi Desember 2016 tercatat naik 44,52% dibandingkan periode Desember 2015 dari Rp7.267 miliar menjadi Rp10.503 miliar.

Dukungan Indonesia Eximbank di Kawasan Timur Indonesia

Pada tahun 2016, pertumbuhan ekonomi kawasan timur Indonesia (Sulampua) sebesar 7,20% yoy, di atas pertumbuhan nasional yang sebesar 5,02% yoy.  Sejalan dengan itu, kinerja ekspor kawasan timur Indonesia juga mengalami peningkatan mencapai Rp84,6 triliun (Eq.USD6,11 miliar) atau tumbuh sebesar 16,48% yoy dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp66,2 triliun (Eq.USD5,24 miliar). Jenis komoditas ekspor antara lain produk logam, Minyak Nabati, dan produk makanan.

Total Pembiayaan UKME Indonesia Eximbank di tahun 2016 mencapai Rp10,50 triliun atau tumbuh 44,54% dari tahun sebelumnya, dengan penyaluran tersebar ke seluruh provinsi di tanah air. Dengan capaian ini, UKME memiliki porsi 11,86% dari total pembiayaan.

Untuk Kantor Wilayah Makassar, penyediaan pembiayaan UKME mencapai Rp1 triliun, dengan 61% porsi pembiayaan disalurkan ke kawasan timur Indonesia (Sulampua). Berdasarkan komoditas, ikan dan produk ikan menjadi sektor terbesar yang memperoleh Pembiayaan di area Sulampua dengan porsi 37%. Sisanya tersebar ke produk lainnya seperti furniture dan hasil olahan kayu, kakao dan rempah-rempah.

Indonesia Eximbank merupakan lembaga keuangan khusus milik Pemerintah untuk menyelenggarakan Pembiayaan Ekspor Nasional melalui penyaluran fasilitas Pembiayaan, Penjaminan dan Asuransi. Indonesia Eximbank juga dapat memberikan bimbingan dan Jasa Konsultasi kepada usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) dan koperasi guna meningkatkan kapabilitas pelaku usaha yang berorientasi ekspor.

Untuk menjangkau potensi bisnis dan meningkatkan ekspor nasional, Indonesia Eximbank memiliki beberapa Kantor Wilayah di Makassar, Medan, Surabaya, dan Surakarta serta Kantor Pemasaran di Balikpapan, Batam, dan Denpasar.

Baca : Pemerintah Fasilitasi UKM Ekspor