Berita dan Kegiatan

Sinergi Indonesia Eximbank dengan BUMN Strategis dalam Memperkuat Industri Pertahanan Indonesia

November 07, 2016 - Source : http://www.indonesiaeximbank.go.id/media/kcfinder/images/2016/interpol/img-6625.JPG

Bali, November 2016, Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia/ Indonesia Eximbank merupakan lembaga keuangan khusus yang didirikan oleh Pemerintah untuk menyelenggarakan Pembiayaan Ekspor Nasional melalui penyaluran fasilitas Pembiayaan, Penjaminan dan Asuransi serta Jasa Konsultasi. Selain itu sebagaimana tertuang dalam Undang-undang pendiriannya,  Indonesia Eximbank dapat melaksanakan penugasan khusus yang diberikan oleh Pemerintah untuk mendukung program ekspor nasional melalui pembiayaan dengan skema National Interest Account (NIA).


Sebagai perpanjangan tangan Pemerintah, Indonesia Eximbank bersinergi dengan BUMN strategis untuk terus mendorong pengembangan ekspor Indonesia. Hal ini tercermin dari porsi pembiayaan Indonesia Eximbank kepada BUMN Strategis per posisi September 2016 mencapai 13,93% dari total pembiayaan atau senilai Rp83,7 triliun.

 

Sinergi Indonesia Eximbank dengan BUMN Strategis

Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan Sidang Umum INTERPOL ke-85. Acara ini diadakan di Bali dari tanggal 7-10 November 2016.Dalam rangkaian acara tersebut, terdapat eksibisi yang mengundang eksibitor dari mancanegara termasuk didalamnya Indonesia. Eksibisi ini merupakan ajang promosi bagi para pengusaha untuk memperlihatkan daya saing produk khususnya buatan Indonesia di mata internasional.

Indonesia Eximbank dengan beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) strategis yaitu PT Dirgantara Indonesia (Persero), PT Pindad (Persero) dan PT PAL Indonesia (persero) turut berpartisipasi dalam pameran yang merupakan rangkaian dari acara Sidang Umum Interpol ke-85.
“Pameran ini merupakan ajang strategis bagi Indonesia Eximbank untuk menggali potensi pembiayaan. Selain itu bagi beberapa BUMN strategis menjadi ajang promosi atas produk-produk buatan mereka seperti kapal dan pesawat terbang, anoa atau panser,” ujar Ngalim Sawega selaku CEO Indonesia Eximbank. 

Dwi Wahyudi selaku Managing Director menjelaskan, Indonesia Eximbank memiliki produk overseas financing diantaranya produk buyer’s credit.  Produk ini memberikan fasilitas pembiayaan modal kerja dan/atau investasi kepada pembeli produk-produk ekspor Indonesia yang berada di luar negeri. Produk ini merupakan salah satu dukungan Indonesia Eximbank dalam meningkatkan daya saing dan nilai tambah produk Indonesia melalui pembiayaan.

Pembiayaan Buyer’s Credit dengan skema penugasan khusus ekspor atau National Interest Account (NIA)

Berdasarkan dasar hukum pendirian Indonesia Eximbank (UU No. 2/2009) Indonesia Eximbank  dapat  melaksanakan  penugasan  khusus  dari Pemerintah  untuk  mendukung  program Ekspor nasional atas biaya Pemerintah. Penugasan Khusus adalah penugasan yang diberikan Pemerintah kepada Indonesia Eximbank untuk menyediakan pembiayaan, penjaminan, dan asuransi untuk transaksi atau proyek yang secara komersial sulit dilaksanakan, tetai dianggap perlu oleh Pemerintah untuk menunjang kebijakan atau Program Ekspor Nasional.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan No. 134/PMK.010/2015 tentang Penugasan Khusus Kepada LPEI bahwa Penugasan khusus meliputi pemberian Penjaminan, Pembiayaan, dan Asuransi yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing dan nilai tambah produk Indonesia; mendukung pertumbuhan industri dalam negeri; serta meningkatkan dan mengembangkan ekspor jangka panjang.

“Harapan kami melalui eksibisi ini dapat memberikan alternatif pembiayaan yang terjangkau untuk membeli produk – produk Indonesia dan juga sebagai ajang promosi bagi produk Indonesia khususnya produk pertahanan yang dihasilkan oleh BUMN strategis. Sinergi yang baik antara Pemerintah, Indonesia Eximbank, dan BUMN Strategis menjadi penting dalam rangka meningkatkan daya saing dan nilai tambah produk Indonesia, mendukung pertumbuhan industri dalam negeri, dan memiliki potensi peningkatan dan pengembangan ekspor jangka panjang,”  jelas Dwi Wahyudi.(IEB)