Berita dan Kegiatan

Penandatanganan Persetujuan Prinsip Pembiayaan antara LPEI - PT. INKA Persero

December 10, 2015 - Source : press.release.gresik.DU

Dalam rangka penetrasi dan pengembangan ekspor ke non-traditional market, serta untuk melaksanakan mandat Penugasan Khusus kepada LPEI, telah diberikan pembiayaan kepada PT. Industri Kereta Api (INKA) dengan nilai sebesar Rp 300 miliar untuk jangka waktu sampai dengan 31 Desember 2016. Persetujuan Prinsip Pemberian Pembiayaan ini akan ditandatangani oleh Direktur Eksekutif LPEI, Bapak Ngalim Sawega dan Direktur Utama PT. INKA Persero, Ir. R. Agus H. Purnomo pada tanggal 10 Desember 2015 yang dilaksanakan di Gresik, Jawa Timur. Penandatanganan ini disaksikan langsung oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia, Bapak Bambang P.S. Brodjonegoro beserta jajaran Kementerian Keuangan RI, Bapak Gubernur Jawa Timur, serta dihadiri jajaran direksi LPEI dan PT. INKA Persero.

Proyek ekspor gerbong penumpang kereta api ke Bangladesh memiliki nilai strategis bagi PT. INKA karena supply record- export order dan kepuasan pelanggan luar negeri  menjadi salah satu syarat utama dalam evaluasi pada tender-tender internasional. Proyek ini juga menjadi showroom yang efektif untuk memasuki pasar negara Asia Tengah seperti Pakistan, Srilanka, Asia Tenggara dan Timur Tengah lainnya, yang juga sangat berminat terhadap produk gerbong penumpang kereta api buatan Indonesia.

Selain itu, dampak multiplier bagi ekonomi nasional tidak hanya terbatas pada PT. INKA tetapi juga pada industri besar lainnya di dalam negeri yang ikut berperan dalam memasok kebutuhan untuk industri kereta api, antara lain industri baja, industri pengecoran, industri komponen  kereta, industri permesinan dan puluhan industri lainnya yang bergerak dalam bidang perlistrikan seperti kabel, panel control, lampu, serta bidang komponen karet dan bidang interior. Proyek ini menjadi strategis karena didukung oleh beberapa BUMN antara lain PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, PT Barata (Persero), PT Pindad (Persero) & PT LEN (Persero) dan juga memberikan dampak strategis bagi industri kecil menengah yang akan dirasakan oleh  pelaku usaha antara lain pemasok aksesories interior, jendela, kursi, tirai, peralatan toilet, pengecatan, dan juga yang terlibat dalam sub kontraktor untuk sub assembly, blasting, welding minor assembly dan cleaning.