Berita dan Kegiatan

Pemerintah Siap Suntik Rp2 Triliun ke Indonesia Eximbank

July 30, 2015 - Source : http://infobanknews.com/pemerintah-siap-suntik-rp2-triliun-ke-indonesia-eximbank/

Jakarta–Guna mendorong kegiatan ekspor Indonesia, pemerintah melalui Kementerian Keuangan akan memberikan suntikan dana sebesar Rp2 triliun kepada Indonesia Eximbank (Lembaga Pembiayaan Ekpor Indonesia/LPEI) yang nantinya akan disalurkan bagi perusahaan yang ingin melakukan kegiatan ekspor.

Menurut Direktur Pengelolaan Risiko Keuangan Negara Kementerian Keuangan, Brahmantio Isdijoso, hal ini sejalan dengan telah keluarnya regulasi khusus yang diberikan kepada LPEI dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.134/PMK.08/2015 tentang Penugasan Khusus kepada LPEI. Diharapkan, LPEI dapat memberikan fasilitas pembiayaan ekspor bagi perusahaan yang berdomisili di dalam maupun di luar negeri.

“Untuk 2015 sedang dijajaki, paling enggak ada pilot project atau show cash yang sudah direalisasikan. Memang jumlahnyaitu enggak sampai triliunan, tapi ini awal insiatif untuk upayakan ekspor ke wilayah baru,” ujar Brahmantio di Kantor Kementerian

Dia mengungkapkan, suntikan dana yang diberikan sebesar Rp2 triliun kepada Indonesia Eximbank tersebut akan masuk dalam perencanaan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) di 2016. Dengan adanya suntikan dana itu, maka LPEI dapat memberikan fasilitas pembiayaan ekspor, penjaminan, dan asuransi maipun proyek di luar negeri yang secara komersil sulit dilakukan.

Sedangkan, perusahaan yang akan mendapatkan fasilitas pembiayaan tersebut, kata dia, harus memiliki kriteria tertentu. Misalnya, perusahaan harus dapat meningkatkan daya saingnya dan nilai tambah produk Indonesia. Kedua, harus mendukung pertumbuhan industri di dalam negeri. Ketiga harus memiliki potensi peningkatan dan pengembangan ekspor dalam jangka panjang.

“Nanti akan dibentuk komite, dan komite itu rencananya akan dibentuk September ini, semoga selesai,” tutup Brahmantio. (*)

@rezki_saputra, Infobank, 30 Juli 2015