Berita dan Kegiatan

Peluncuran Program Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat Berorientasi Ekspor (KURBE)

March 31, 2016 - Source :

Surabaya, 31 Maret 2016

  1. Penyerahan Kredit Usaha Rakyat Berorientasi Ekspor (KURBE) secara simbolis kepada 2 Pelaku Usaha UMKM Ekspor di Jawa Timur
    • Belum optimalnya realisasi ekspor nasional dibandingkan dengan potensi produk ekspor, terutama yang dilakukan oleh pelaku usaha berorientasi ekspor skala mikro, kecil dan menengah (UMKM) lebih disebabkan karena banyak kendala yang dihadapi, antara lain sulit mendapatkan akses pembiayaan dengan suku bunga murah, sulit bersaing karena menghadapi ekonomi biaya tinggi, dan permasalahan kualitas produk ekspor.
    • Untuk membantu mengatasi kendala tersebut, diperlukan suatu skema pembiayaan yang murah dan mudah untuk pelaku usaha ekspor yang berskala UMKM, yang mampu secara nyata mendorong peningkatan kapasitas dan kualitas produksi untuk tujuan ekspor.
    • Indonesia Eximbank (LPEI) sebagai Lembaga Khusus di bawah Kementerian Keuangan, yang bertugas mendorong ekspor melalui fasilitas pembiayaan, menerbitkan fasilitas pembiayaan baru yang diberikan kepada perorangan dan/ badan usaha dengan  skala mikro, kecil dan menengah yang mempunyai usaha berorientasi ekspor (UMKM Ekspor), melalui Program KURBE (Kredit Usaha Rakyat Berorientasi Ekspor).
    • Penyaluran KURBE ini dilakukan oleh Indonesia Eximbank (LPEI), dan dapat digunakan untuk pembiayaan modal kerja (Kredit Modal Kerja Ekspor /KMKE) dan pembiayaan investasi (Kredit Investasi Ekspor/KIE), dengan suku bunga sebesar 9% p.a efektif (tanpa subsidi). Beberapa kriteria yang mendapatkan fasilitas KURBE:
      • kriteria usaha berorientasi ekspor dengan batas maksimal penjualan per tahun sebesar: IDR 10 Miliar (untuk usaha Mikro), >IDR 10 Miliar - IDR25 Miliar (untuk usaha Kecil), >IDR 25 Miliar - IDR 50 Miliar (untuk usaha Menengah).
      • Batas maksimal kredit/pembiayaan yang dapat diberikan: maksimal IDR 5 Miliar (Mikro), maksimal IDR 25 Miliar (usaha Kecil), dan maksimal IDR 50 Miliar (Menegah).
      • Jangka Waktu KURBE paling lama 3 (tiga) tahun untuk kredit modal kerja (KMKE) dan/atau 5 (tahun) untuk kredit investasi (KIE).
      • Sasaran utama KURBE adalah supplier/plasma yang menjadi penunjang industri dan industri/usaha yang melibatkan tenaga kerja dengan jumlah cukup banyak.
    • Pada acara ini akan direalisasikan penyaluran KURBE dengan pelaksanaan secara simbolis penandatanganan dan penyerahan persetujuan prinsip pemberian kredit berupa kredit modal kerja untuk 2 pelaku usaha UMKM Ekspor, yaitu :
      1. PT. Samudera Kencana Mina, industry pengolahan dan perdagangan hasil laut yang berlokasi di Sidoarjo – Jawa Timur, akan diberikan kredit modal kerja sebesar Rp. 3 Milyar untuk mendorong ekspor hasil laut ke Amerika Serikat, Eropa, Jepang dan China.
      2. PT. Perwira Multijaya Kencana, industri pendukung (supplier) PT INKA (Persero) yang memproduksi Electrical dan Mechanical Products dan berlokasi di Surabaya – Jawa Timur, akan diberikan kredit modal kerja sebesar Rp. 4 Milyar untuk mendukung ekspor produk PT INKA (Persero). (Divisi CSC- NA)