Berita dan Kegiatan

Gerbong Kereta Api Buatan Indonesia Go Global

June 26, 2016 - Source :

Sabtu, 25 Juni 2016, Perdana Menteri Bangladaesh, Sheikh Hasina Wajed, meresmikan kereta api Sonar Bangla Express buatan PT INKA yang dibeli oleh Bangladesh Railway sebagai sarana pelayanan antar kota Dhaka - Chittagong.

Bangladesh Railway memesan sebanyak 150 unit gerbong kereta api penumpang kepada PT INKA dan hingga saat ini PT INKA telah mengirimkan sebanyak 37 unit gerbong kereta api. Pengiriman dilakukan secara bertahap hingga akhir September 2016.

Indonesia Eximbank sebagai lembaga khusus keuangan milik Pemerintah, telah memberikan pembiayaan kepada PT INKA untuk pembuatan 150 unit gerbong kereta api penumpang pesanan Bangladesh Railways tersebut melalui skema National Interest Account (NIA)/ Penugasan Khusus. Pembiayaan dengan skema NIA ini merupakan penugasan khusus yang diberikan Pemerintah kepada Indonesia Eximbank melalui Keputusan Menteri Keuangan No.1156/KMK.08/2015 tentang penugasan khusus untuk menyediakan pembiayaan ekspor produk gerbong penumpang kereta api.

Mewakili Indonesia, hadir Duta Besar Republik Indonesia untuk Bangladesh, Direktur Utama, dan jajaran Manajemen PT INKA, Asisten Deputi Kementerian BUMN, Kepala Departemen BUMN & NIA dan Manager Hubungan Internasional Indonesia Eximbank serta pejabat KBRI Dhaka.

Bangladesh menjadi salah satu negara tujuan ekspor kereta api buatan Indonesia, mengingat akan kebutuhan transportasi yang layak dan nyaman bagi masyarakat Bangladesh sudah sangat mendesak.  Proyek ini menjadi momentum yang efektif dalam memasuki pasar negara di kawasan Asia Tengah, Asia Tenggara dan Timur Tengah yang juga sangat berminat terhadap produk gerbong penumpang kereta api buatan Indonesia. (IEB)