Kredit Investasi Ekspor

DESKRIPSI
Fasilitas Kredit Investasi Ekspor adalah fasilitas pembiayaan yang diberikan oleh Indonesia Eximbank kepada Eksportir untuk membiayai investasi yang dilakukan dalam rangka penciptaan dan/atau peningkatan kapasitas produksi untuk kegiatan ekspornya.

MANFAAT
Membantu Eksportir yang memerlukan pembiayaan untuk pengadaan mesin-mesin baru, pembangunan sarana dan prasarana serta infrastruktur lainnya dalam rangka menciptakan dan/atau meningkatkan kapasitas produksi untuk kegiatan ekspornya.

POLA PEMBIAYAAN

  1. Refinancing (Pembiayaan Kembali):
    Pola Kredit Investasi Ekspor yang diberikan dalam bentuk pembiayaan kembali kepada Bank Pelaksana atas kredit investasi yang diberikan kepada nasabahnya (Eksportir) berdasarkan kebutuhan investasi dalam rangka mendukung kegiatan ekspor. Dalam pola ini seluruh risiko kegagalan Eksportir memenuhi kewajibannya ditanggung oleh Bank Pelaksana.
  2. Direct Financing (Pembiayaan Langsung):
    Pola Kredit Investasi Ekspor yang diberikan dalam bentuk pembiayaan langsung kepada Eksportir, baik secara bilateral maupun bersama dengan Bank lain (Co-financing/Club Deal/Sindikasi) berdasarkan kebutuhan investasi nasabah (Eksportir) dalam rangka mendukung kegiatan ekspor.

SYARAT UMUM MENJADI NASABAH

  1. Bank Pelaksana
    • Bank adalah Bank Umum berbadan hukum Indonesia yang kepemilikannya dapat berupa pemerintah, swasta nasional atau campuran.
    • Memperoleh Credit Line dari Indonesia Eximbank.
  2. Nasabah/Eksportir, Eksportir dapat merupakan Eksportir Langsung maupun Eksportir Tidak Langsung (supplier kepada Eksportir).

SYARAT & KETENTUAN

  1. Nilai Pembiayaan,Besarnya pembiayaan Kredit Investasi Ekspor adalah disesuaikan dengan total nilai investasi yang dilakukan dalam rangka penciptaan dan atau peningkatan kapasitas produksi dalam rangka mendukung kegiatan ekspor nasabah, dengan pembagian sebagai berikut :
    • Berasal dari dana sendiri (self financing) sebesar minimal 30% dari total nilai investasi.
      b. Berasal dari bank (dari Indonesia Eximbank untuk pola Direct Financing atau Bank lain untuk pola Refinancing) sebesar maksimal 70% dari total nilai investasi. 
    • Valuta Pembiayaan Valuta pembiayaan Kredit Investasi Ekspor adalah Rupiah atau Valuta Asing yang disetujui oleh Indonesia Eximbank.
    • Tingkat Bunga Pembiayaan 
      1. Refinancing
        Tingkat bunga yang dikenakan kepada Bank Pelaksana adalah lending rate Indonesia Eximbank.
        Tingkat bunga yang dikenakan oleh BankPelaksana kepada Eksportir adalah lending rate Indonesia Eximbank ditambah margin Bank Pelaksana.
      2. Direct Financing, Tingkat bunga yang dikenakan kepada Eksportir adalah lending rate Indonesia Eximbank.
    • Sumber pelunasan adalah devisa hasil ekspor yang diperoleh dari kegiatan ekspor Eksportir.
    • Jangka waktu pembiayaan Kredit Investasi Ekspor adalah sesuai dengan proyeksi Cash Flow yang dapat diterima oleh Indonesia Eximbank.

PROSEDUR PERMOHONAN FASILITAS

  1. Permohonan fasilitas pembiayaan Kredit Investasi,Ekspor kepada Indonesia Eximbank diajukan dengan melampirkan dokumen-dokumen, antara lain sebagai berikut :
    • Kebutuhan Investasi, Fotokopi Studi Kelayakan dan Kontrak Pengadaan barang investasi yang dilengkapi dengan jadual pembayaran atas pengadaan barang atau bangunan dalam rangka investasi.
    • Bukti atau Rencana Penggunaan Modal Sendiri (Self Financing).
    • Proyeksi Analisa Keuangan atau sekurangkurangnya Proyeksi Cash Flow yang digunakan untuk menilai kelayakan investasi dan sumber pembayaran Kembali.
  2. Untuk pola Refinancing dokumen-dokumen yang disertakan dalam pengajuan permohonan harus telah diverifikasi oleh Bank Pelaksana.