Syariah

Fasilitas yang disediakan oleh Indonesia Eximbank dalam bentuk Pembiayaan Modal Kerja Ekspor dan Pembiayaan Investasi Ekspor berdasarkan prinsip syariah yang ditujukan untuk pelaku usaha yang berada di dalam/luar negeri.  

Pembiayaan Syariah dapat dilaksanakan menggunakan akad :

MURABAHAH

Pembiayaan suatu barang dengan menegaskan harga belinya kepada pembeli dan pembeli membayarnya dengan harga yang lebih sebagai keuntungan yang disepakati.

 

MUSYARAKAH

Pembiayaan berdasarkan akad kerjasama diantara dua pihak atau lebih untuk suatu usaha tertentu yang masing-masing pihak memberikan porsi dana dengan ketentuan bahwa keuntungan akan dibagi sesuai dengan kesepakatan, sedangkan kerugian ditanggung sesuai dengan porsi dana masing-masing.

 

MUDHARABAH

Pembiayaan berdasarkan prinsip murabahah adalah akad kerja sama suatu usaha antara pihak pertama (malik, shahibul mal) yang menyediakan seluruh modal dan pihak kedua (‘amil, mudharib, atau nasabah) yang bertindak selaku pengelola dana dengan  membagi keuntungan usaha sesuai dengan kesepakatan yang dituangkan dalam akad, sedangkan kerugian ditanggung sepenuhnya oleh pihak pertama kecuali jika pihak kedua melakukan kesalahan yang disengaja, lalai atau menyalahi perjanjian.

 

SALAM

Pembiayaan suatu barang dengan cara pemesanan dan pembayaran harga yang dilakukan terlebih dahulu dengan syarat tertentu yang disepakati.

 

ISTISHNA’

Pembiayaan barang dalam bentuk pemesanan pembuatan barang tertentu dengan kriteria dan persyaratan tertentu yang disepakati antara pemesan atau pembeli (mustashni’) dan penjual atau pembuat (shani’).

 

QARDH

Pinjaman dana kepada nasabah dengan ketentuan bahwa nasabah wajib mengembalikan dana yang diterimanya pada waktu yang telah disepakati.

 

IJARAH MUNTAHIYAH BIT TAMLIK

Penyediaan dana dalam rangka memindahkan hak guna atau manfaat dari suatu barang dengan pengalihan kepemilikan atas obyek dimaksud pada akhir masa pembiayaan.

 

HAWALAH

Pengalihan hutang dari pihak yang berhutang kepada pihak lain yang wajib menanggung atau membayar.

 

WAKALAH

Pemberian kuasa kepada penerima kuasa untuk melaksanakan suatu tugas atas nama pemberi kuasa.

 

KAFALAH

Pemberian jaminan yang diberikan satu pihak kepada pihak lain, di mana pemberi jaminan (kafil) bertanggung jawab atas pembayaran kembali hutang yang menjadi hak penerima jaminan (makful).

 

Manfaat

:

Diberikan kepada nasabah baik di dalam maupun di luar wilayah Negara Republik Indonesia untuk tujuan Pembiayaan Modal Kerja Ekspor dan/atau Pembiayaan Investasi.

Eligibilitas Pelaku Usaha

:

Badan usaha baik yang berbentuk badan hukum maupun yang tidak berbentuk badan hukum termasuk perorangan yang berdomisili di dalam atau di luar wilayah Negara Republik Indonesia.

Mata Uang

:

Rupiah Indonesia, Dolar Amerika Serikat dan mata uang lainnya

Prosedur Permohonan

:

Menyampaikan Surat Permohonan dan dokumen pendukung lainnya.

Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kami